Selasa, 19 Juli 2016

Mad Max: Fury Road, Film Action Terbaik di Abad Ini!

Mad Max: Fury Road adalah film yang bercerita tentang keadaan di masa depan dimana dunia sangat bergantung kepada minyak, dan juga mengalami kekeringan panjang. Terdapat wanita bernama Furiosa (Charlize Theron) yang berusaha keluar dari dunia yang dipimpin oleh seorang penguasa kejam bernama Immortan Joe, aksi Furiosa melarikan diri dibantu oleh 4 wanita lain yang dikurung, seorang penyembah penguasa itu (Nicholas Hoult), serta seorang lelaki bernama Max (Tom Hardy). Furiosa berusaha keluar dengan mengendarai truk besar ke tanah kelahirannya, hal ini menimbulkan pengejaran oleh pasukan Immortan Joe untuk menghentikan Furiosa. Tetapi ketika ia tahu bahwa tempat tujuannya telah hilang, Max meyakinkannya untuk merebut dunia yang dikuasai Immortan Joe, dunia yang sebelumnya ia coba untuk tinggalkan.

Kata yang saya pikirkan setelah menonton film ini adalah "This Movie Blew. Me. Away." Ya, film ini adalah film Action yang paling epic yang pernah saya tonton!
Alasannya, tentu karena Action di film ini luar biasa, mungkin bisa dibilang berlebihan. Tetapi justru itu yang membuat film ini mendefinisikan ulang Genre Action. Terdapat banyak ledakan, perkelahian, dan saat dimana ketika karakter utama akan menghadapi moment nyaris mati. Saya tahu bahwa terdapat CGI yang digunakan di ini. Tetapi saya tidak dapat melihat hal itu di film ini, semua ledakan, tabrakan, atau runtuhnya bebatuan di film ini terlihat sangat nyata. Dan membuat pengalaman menonton film ini menjadi semakin menegangkan.

Tetapi yang membuat film ini semakin menegangkan adalah perasaan kita terhadap karakter utama. Penampilan Charlize Theron sebagai Furiosa sangatlah memukau, dia berhasil membuat karakter Furiosa terlihat sebagai wanita tangguh, tetapi disaat bersamaan ia berhasil membuat kita peduli terhadap Furiosa dan kita khawatir akan nasib Furiosa setelah pasukan Immortan Joe berusaha menghentikan dan membunuhnya. Demikian pula dengan Max yang diperankan Tom Hardy. Dan itulah yang dibutuhkan dari semua film Action, bukan hanya sekedar ledakan dan tabrakan, tetapi adalah ketegangan yang terjadi karena kita peduli dengan karakter utama dan kita merasa sangat takut ketika pahlawan kita di film ini nyaris menghadapi kematian. 

Nicholas Hoult sebagai penyembah dari Immortan Joe pada awalnya memang sangat menyebalkan karena ia menghambat pelarian diri Furiosa dan Max, tetapi setelah ia berubah untuk berada di sisi Furiosa, ia menjadi pahlawan di film yang saya sendiri merasa sedih dan menyayangkan bahwa ia berakhir dengan kematian setelah ia berkorban untuk melindungi Furiosa dan Max. Dan tiada film Action yang lengkap tanpa adanya "bad guy". Dan disini, Immortan Joe beserta pasukannya sangatlah dominan dan berhasil menjadi ancaman utama bagi Furiosa dan Max dalam misinya. Kerentanan karakter utama itulah yang dibutuhkan dalam film action, apabila karakter utama lebih dominan dari pihak yang jahat, maka film itu akan berkurang keseruannya (Contoh : Lucy).

Aspek lain yang memukau dari film ini adalah dari segi visual yang berhasil menciptakan dunia yang sangat indah dilihat tetapi juga sangat berbahaya. Terdapat satu adegan badai pasir dan bagi saya, itulah adegan terbaik di film. Cukup, saya tidak perlu menjelaskannya, biar kalian yang menonton sendiri adegan itu. Kostum yang dipakai film ini juga tidak seperti apa yang kalian pernah lihat di film lain, tentunya selain 3 film Mad Max sebelumnya.

Kesimpulannya, Film ini adalah film paling epic yang pernah saya tonton, tak heran dimana film ini mendapat rating 97% Rotten tomatoes dan mendapat 6 piala Oscars. Bagi saya, film ini tentu mendapat nilai 10/10 dan dengan mudah menjadi film action favorit saya sepanjang masa. Saya sangat merekomendasikan film ini kepada siapapun yang membaca artikel ini. Karena film ini keluar tahun 2015 dan sudah tidak ada di bioskop, belilah DVD film ini, saya sarankan beli yang asli atau blu-ray untuk mendapatkan pengalaman penuh dari film ini. Jangan lewatkan film yang satu ini!

1 komentar: