Selasa, 14 Juli 2015

15 lagu dengan Penjualan Tertinggi di Abad ke 21

 Kesuksesan di industri musik adalah salah satu yang paling sulit untuk ditembus dalam industri hiburan. Setiap minggunya, ada ratusan atau bahkan ribuan orang yang mendapatkan kontrak rekaman musik, tetapi tidak kalah banyak pula yang kontraknya dibatalkan. Salah satu penyebabnya adalah penjualan album dan lagu mereka yang sangat lemah sehingga merugikan perusahaan rekaman.

Tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi penyanyi internasional di bawah ini. Penjualan album mereka sangatlah besar sehingga masuk dalam daftar 15 lagu dengan penjualan tertinggi di abad ke 21. Tetapi, hal itu tidak menjamin mereka untuk tetap melanjutkan kesuksesan tersebut kedepannya. Tau istilah "One Hit Wonder"?, yap... itulah julukan bagi artis yang hanya memiliki 1 lagu yang sukses, tetapi lagu lainnya bisa dibilang payah penjualannya.

Penyumbang terbesar dari kesuksesan lagu-lagu dibawah ini adalah Amerika Serikat, pasar musik terbesar di dunia. Masyarakat AS mendownload lagu jauh lebih banyak dibanding masyarakat negara lainnya. Hampir dipastikan, apabila kita terkenal di AS, kita juga terkenal di dunia Internasional.

Langsung aja, ini 15 lagu dengan penjualan digital (download) tertinggi di abad ke 21 per Juli 2015 :

15. All of Me by John Legend : 12,3 juta download
Tanggal rilis : 12 Agustus, 2013
Album : Love in The Future
Lagu ini mencapai puncak kesuksesannya di tahun 2014 saat menempati peringkat 1 di hot 100 selama 3 minggu. Di AS, All of Me adalah lagu kedua dengan penjualan terbanyak di tahun 2014 dan saat ini, telah terdownload sebanyak 5,5 juta kopi. Lagu ini juga memiliki penjualan tertinggi ketiga di UK tahun 2014.

14. Love The Way You Lie (ft. Rihanna) by Eminem : 12,8 juta download
Tanggal rilis : 9 Agustus 2010
Album : Recovey
Lagu ini berada di urutan satu tangga lagu Billboard selama 7 minggu dan merupakan lagu no.1 keempat bagi Eminem dan Keenam bagi Rihanna. Lagu ini telah terjual sebanyak 6,4 juta kopi di AS. Di UK, lagu ini menjadi lagu tersukses di tahun 2010. Love The Way You Lie menempati urutan 1 di lebih dari 20 negara di dunia. Video musik lagu ini telah dilihat sekitar 900 juta orang di YouTube.
13. Somebody that I Used to Know (ft. Kimbra) by Gotye : 13 juta download
Tanggal rilis : 5 Juli 2011
Album : Making Mirrors
Pertama kali mencapai kesuksesan di Australia dan New Zealand, lagu ini lalu melebarkan kesuksesannya ke AS pada 2012 dan menempati peringkat 1 tangga lagu Billboard selama 8 minggu dengan penjualan saat ini mencapai 7,84 juta kopi. Lagu ini adalah lagu tersukses di Inggris di tahun 2012 dengan penjualan 1,3 juta kopi lebih. Sayangnya, setelah itu Gotye belum memiliki lagu hits lagi. One Hit Wonder?

11=. Dark Horse (ft. Juicy J) by Katy Perry : 13,2 juta download
Tanggal Rilis : 17 Desember 2013
Album : Prism
Single ketiga dari album ketiga Katy Perry ini telah terjual sekitar 6 juta kopi di AS dengan menempati peringkat 1 selama 4 minggu di Billboard Hot 100.  Dark Horse adalah lagu dengan penjualan tertinggi kedua di tahun 2014. Video musik lagu ini telah dilihat lebih dari 1 miliar kali dan merupakan video musik wanita pertama yang mencapai 1 miliar tayangan.

11=. Just The Way You Are by Bruno Mars : 13,2 juta download
Tanggal Rilis : 24 Juli 2010
Album : Doo-Wops & Hooligans
Bersama dengan lagu Nothing on You dan Grenade, Just The Way You Are menjadi titik awal bagi Bruno Mars menjadi salah satu bintang pop terbesar di dunia. Lagu ini berada di urutan teratas Hot 100 selama 4 minggu dan terdownload lebih dari 6 juta kopi di AS.

10. Thrift Shop (ft. Wanz) by Macklemore and Ryan Lewis : 13,4 juta download
Tanggal rilis : 27 Agustus 2012
Album : The Heist 
Lagu yang telah memenangkan 2 Grammy ini menempati urutan 1 selama 6 minggu di tangga lagu billboard dan saat ini telah terjual lebih dari 7,7 juta kopi di AS. Video musik Thrift Shop telah dlihat lebih dari 700 juta kali. Setelah kesuksesan Thrift Shop, Mackemore dan Ryan Lewis kembali merajai tangga lagu dengan "Can't Hold Us" dan "Same Love".

9. Happy by Pharrell Williams : 13,9 juta download
Tanggal Rilis : 21 November 2013
Album : Despicable Me 2 : Origina Motion Picture Soundtrack dan Girl
"Happy" adalah lagu tersukses di tahun 2014, dengan penjualan saat ini nyaris 7 juta kopi. Lagu ini menempati posisi pertama di tangga lagu Billboard selama 10 minggu. Selain video musik originalnya yang telah ditonton sebanyak sekitar 700 juta kali, Pharrell juga membuat video musik berdurasi 24 jam!!

6=. Poker Face by Lady Gaga : 14 juta download
Tanggal rilis : 26 September 2008
Album : The Fame
Meskipun hanya berada di peringkat 1 di Billboard Hot 100 selama 1 minggu, tetapi Poker Face berhasil menjadi salah satu dari hanya 16 lagu yang terjual lebih dari 7 juta kopi di AS dan menjadi lagu terseukses Lady Gaga yang pernah dirilis. Lagu ini dinominasikan sebagai Record of The Year dan Song of The Year pada Grammy tahun 2010.

6=. Rolling in The Deep by Adele : 14 juta download
Tanggal Rilis : 29 November 2010
Album : 21
Hanya ada 6 lagu yang telah terjual lebih dari 8 juta kopi di AS dan Rolling in The Deep adalah salah satunya, menjadikan Adele sebagai satu satunya wanita yang memiliki pencapaian tersebut. Meski menjadi lagu tersukses bagi Adele; di negara asalnya - Inggis -, lagu ini justru kalah sukses dengan "Someone Like You". Rolling in The Deep menjadi salah satu dari 4 lagu yang berhasil memenangkan piala Grammy untuk Song of The Year dan Record of The Year pada tahun yang sama.

6=. Party Rock Anthem (ft. Lauren Bennett and GoonRock) by LMFAO : 14 juta download
Tanggal rilis : 25 Januari 2011
Album : Sorry for Party Rocking
bernostalgia sedikit, saking populernya lagu ini; lagu ini selalu diputar di kelas saya sewaktu SMA, setiap hari, selama 3 minggu berturut turut!!. Lagu ini juga menjadi salah satu dari 6 lagu yang berhasil terjual lebih dari 8 juta kopi di AS. Di Australia, lagu ini bahkan mendapat sertifikasi 15x Platinum dan menjadi lagu tersukses sepanjang masa di negara tersebut. Video klip lagu ini telah ditonton lebih dari 900 juta kali di YouTube.

5. Moves like Jagger (ft. Christina Aguilera) by Maroon 5 : 14,4 juta download
Tanggal rilis : 21 Juni 2011
Album : Hands All Over
Lagu yang terinspirasi dari gerakan dance Mick Jagger ini telah terdownload lebih dari 6,7 juta kopi di AS dan 1,4 juta kopi di UK dan menjadi salah satu lagu duet tersukses di abad ke 21. Lagu ini menjadi lagu tersukses yang pernah dirilis oleh Maroon 5 dan juga lagu tersukses bagi Christina Aguilera.

4. Blurred Lines by Robin Thicke : 14,8 juta download
Tanggal Rilis : 26 Maret 2013
Album : Blurred Lines
Blurred Lines adalah lagu tersukses yang dirilis tahun 2013 dengan unduhan lebih dari 7 juta kopi di AS dan berada di peringkat 1 selama 12 minggu; meski begitu, lagu ini menjadi satu-satunya karya Robin Thicke yang menembus peringkat Top 10 di Billboard Hot 100. Blurred lines menempati peringkat 1 di lebih dari 20 negara.

2=. Tik Tok by Ke$ha : 15 juta download
Tanggal rilis : 7 Agustus 2009
Album : Animal
Lagu pertama Kesha yang dirilis ini menempati posisi 1 di Billboard Hot 100 selama 9 minggu dan berada di urutan 1 tangga lagu Billboard tahun 2010. Setelah lagu ini, karir Kesha di dunia musik bisa dibilang konsisten dengan lagu-lagunya seperti "We R Who We R", "Die Young" dan "Timber" yang juga merajai tangga lagu tersebut.
2=. I Gotta Feeling by The Black Eyed Peas : 15 juta download
Tanggal rilis : 23 Juni 2009
Album : The E.N.D.
Separuh tahun 2009, Tangga lagu Billboard 100 dikuasai oleh The Black Eyed Peas. Bersama dengan "Boom Boow Pow", grup musik ini berada di peringkat 1 Billboard selama 26 minggu non stop. Lagu ini juga menjadi lagu tersukses di Abad ke-21 yang pernah dirilis di AS dengan download lebih dari 8,7 juta kopi. I Gotta Feeling berada di peringkat 1 di AS selama 14 minggu, di Irlandia selama 12 minggu, dan di Kanada selama 16 minggu.

Tetapi, ada 1 lagu yang penjualannya mengalahkan I Gotta Feeling, yaitu...

1. Call Me Maybe by Carly Rae Jepsen : 15,1 juta download 
Tanggal rilis : 20 September 2011
Album : Kiss dan Curiosity
Lagu ini menempati peringkat 1 di Billboard selama 9 minggu di tahun 2012 dan merupakan pertama kalinya bagi musisi wanita Kanada untuk berada di posisi tersebut sejak lagu "Girlfriend" oleh Avril Lavigne berada di posisi yang sama di 2007. Di negara asalnya, Call Me Maybe berada di peringkat 1 selama 17 minggu. Penjualannya di AS telah melewati 7,5 juta kopi. Video klipnya sendiri telah ditonton lebih dari 700 juta kali. Sayangnya, setelah itu, ia tidak dapat mengulangi kesuksesan lagu Call Me Maybe ; bahkan belum pernah lagi masuk top 20 tangga lagu Billboard. So sorry, she's number one ; but, One Hit Wonder!

Kabarnya, penjualan lagu digital saat ini tengah mengalami penurunan semenjak orang mulai banyak memilih layanan musik Streaming.
Adakah idola kamu diatas? jika iya, silakan beri komentar dibawah. Jika tidak, ya tetep komentar juga hehe.

1 komentar: